Thursday 8 October 2015

UJIAN UNTUK APPLE MASIH BERLANJUT

20:26 Posted by david desaili , No comments

Ujian untuk Apple ternyata belum selesai ! Setelah isu bandhate tahun lalu saat dirilinya iPhone 6.Kali ini ujian menerpa Apple dengan nama Chipgate.


Untuk tahun ini masalah yang muncul cukup beragam, mulai dari tombol home yang tiba-tiba panas sampai iPhone yang mendadak mati setelah melakukan update iOS 9.0.2. Yang terbaru, sejumlah pengguna mendapati bahwa ada 2 versi prosesor A9 yang dipakai oleh Apple, dan salah satunya berkualitas lebih buruk.
Prosesor Apple A9 di iPhone 6s & 6s Plus diproduksi oleh 2 pihak, yaitu Samsung dan TSMC; Samsung memproduksinya dengan mengandalkan teknologi 14nm dan ukuran chipnya sebesar 96mm persegi, sementara TSMC menggunakan teknologi produksi 16nm dengan ukuran chip sebesar 104,5mm persegi. Jika melihat informasi tersebut, idealnya chip buatan Samsung lebih baik ketimbang TSMC bukan?
Tidak juga, karena sejumlah tes yang dilakukan oleh para pengguna malah memperlihatkan fakta yang sebaliknya.
Kedua jenis iPhone tadi diujicoba dengan menjalankan aplikasi GeekBench dengan settingan yang identik, dan hasil tes memperlihatkan bahwa chip buatan TSMC konsumsi energinya 50% lebih efisien ketimbang buatan Samsung. iPhone kemudian dicoba untuk menjalankan video YouTube selama 1 jam, dan hasilnya chip buatan Samsung mengkonsumsi energi baterai sebanyak 15%, sementara TSMC sebanyak 14%.
Seorang pengguna lain juga ikut menjalankan ujicoba dalam skenario penggunaan sehari-hari, dimana kedua iPhone dijalankan untuk merekam video timelapse selama 30 menit. Hasilnya, baterai iPhone dengan prosesor buatan Samsung menyisakan energi baterai sebanyak 84%, sementara iPhone dengan prosesor buatan TSMC menyisakan energi baterai sebanyak 89%.
Tak cuma itu, ketika dicoba untuk merekam video 4K, energi baterai dari kedua iPhone sama-sama berkurang sebanyak 6%, lalu ditambah dengan export iMovie dari file 4K tadi membuat baterai iPhone dengan prosesor Samsung sebanyak 60%, sementara TSMC sebanyak 66%. Tak ada perbedaan performa untuk tes GFXBench Metal untuk kategori GPU, namun segala proses ujicoba tadi akhirnya menyisakan energi baterai sebanyak 55% untuk iPhone dengan prosesor A9 dari Samsung, sementara TSMC sebanyak 62%.
Untuk mengetahui prosesor buatan siapakah yang ada di dalam iPhone 6s, pengguna bisa mengunduh aplikasi bernama Lirum di App Store. Sayangnya hal ini cuma bisa dilakukan setelah pembelian, jadi kembali pada faktor keberuntungan apakah iPhone yang Anda beli nantinya didukung oleh prosesor buatan TSMC atau Samsung.

Jadi gimana menurut agan ? Apakah Apple harus memesan Chip buatan Samsung atau menghentikan Memesan Processor dari Samsung ?


0 komentar: