Friday 9 October 2015

PERSAINGAN DI PASAR SMARTPHONE TIDAK SERU LAGI GARA-GARA APPLE DANG SAMSUNG

12:04 Posted by david desaili , , , No comments

Siapa sih Vendor smartphone terbesar ? Dengan semakin ketatnya persaingan pasar smartphone dan datangnya smartphone dengan harga terjangkau dan berspek cukup tinggi,tapi ponsel hiegend yang memiliki fitur dan model bak supermodel,hingga perusahaan-perusahaan start-up dan yang telah bertahun-tahun menjalani bisnis ponsel ini. Semua menjadi satu dan bertarung dalam dunia smartphone.

Tapi raja dari segala vendor smartphone di dunia harus mengakui keungulan Apple Kroak "Apple".Karena dukungan dan loyalitas para fansnya "Apple Fansboy".Apple menjadi yang terbesar dalam pasar ponsel cerdas ini ! Dari keterangan Bloomberg.Apple kini menguasai 90% dari keseluruhan bisnis ini, yang kemudian diikuti oleh rival utamanya, Samsung, serta beberapa manufaktur lainnya yang hanya mendapatkan satu atau dua persen bagian dari bisnis tersebut.
Bisa dilihat dari tabel diatas, kita tidak sulit mengambil kesimpulan bahwa perusahaan elektronik sebesar Sony Berancana meniggalkan pasar smartphone beberapa tahun mendatang dan 2016 adalh tahun hidup atau mati Sony di pasar smartpjone.
CEO Cyanogen, Kirt McMaster memberikan komentarnya pada kondisi persaingan smartphone yang sangat timpang ini.
"Ponsel telah berubah dari perangkat teknologi menjadi produk konsumen yang terus berubah dengan cepat. Sama halnya seperti Coke dan Pepsi (di bisnis minuman soda). Seperti itulah perang yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Ini tidak lagi menjadi sebuah permainan bisnis yang menarik untuk diikuti."

Bagi perusahaan-perusahaan seperti Sony, LG, Huawei, Xiaomi, Lenovo, dan mereka yang hanya kebagian sedikit porsi, mungkin bisnis smartphone tidak lagi menjadi "sexy business." Tetapi tentu lain halnya dengan Apple dan Samsung, yang memegang piring terbesar. Mungkin perusahaan-perusahaan lain perlu meniru langkah Apple, yaitu dengan menciptakan smartphone hanya setahun sekali, memiliki sistem operasi sendiri, dan selalu memberikan upgrade program dan fitur-fitur terbaru dan terbaik kepada para konsumen.

0 komentar: