Thursday 8 October 2015

KONTROVERSI TENTANG BATTERY HP

19:15 Posted by david desaili No comments


Battery ! Battery Adalah sebum benda kecil yang maenjadi kebutuhan pokok pengguna Gadget ! Tapi masih banyak mitos-mitos tentang dia "Battery"Yang masih di percayai ! Apa aja ?

Jangan Menggunakan Ponsel pada saat Sedang di Charge
Beberapa pengguna smartphone tampaknya masih berpikir bahwa menggunakan ponsel pada saat sedang di-charge akan berdampak negatif pada kualitas baterai nantinya. Pernyataan tersebut tidak 100% benar, kecuali jika Anda menggunakan charger dengan kualitas rendah. Beberapa waktu yang lalu terdapat sebuah kasus yaitu sebuah smartphone meledak, dan beberapa orang percaya hal tersebut dikarenakan pengguna menggunakan ponselnya pada saat sedang di charge. Namun pada kenyataannya setelah diselidiki, meledaknya smartphone tersebut dikarenakan pengguna menggunakan charger dengan kualitas rendah !

Charger Imitasi Dapat Merusak Baterai
Charger dengan kualitas rendah memang sangat berbahaya untuk baterai Anda. Namun charger imitasi tidak berbahaya untuk baterai Anda, asalkan memiliki kualitas yang baik. Kekurangan menggunakan charger imitasi hanya berdampak pada tidak optimalnya pengisian daya baterai, seperti salah satu contohnya adalah pengisian baterai akan sangat memakan waktu yang cukup lama.

Pengisian Baterai hingga Semalam-an, Akan Merusak Baterai
Beberapa peneliti mengatakan bahwa penyataan ini salah ! Karena smartphone sesuai namanya, sudah cukup “Pintar” untuk tahu kapan harus menghentikan pengisian baterai. Namun, ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur baterai Anda. Cobalah untuk selalu menjaga kapasitas baterai Anda antara 40% hingga 80% pada saat malam hari atau sedang tidak Anda gunakan dalam waktu yang lama.

Koneksi Internet Membuat Baterai Boros
Pernyataan seperti ini juga sangat tidak benar ! Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya yang membuat baterai menjadi boros adalah aplikasi yang mengandalkan Chipset Grafis atau biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit) smartphone Anda. GPU merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai pengolah grafis, dan cukup membutuhkan energi besar dari baterai untuk kinerjanya. Maka dari itu koneksi internet bukan satu-satunya penyebab baterai Anda menjadi boros, kecuali Anda menggunakan sebuah aplikasi yang membutuhkan kinerja dari koneksi internet dan GPU sekaligus, seperti streaming melalui YouTube atau game online.

Wajib Mengisi Baterai Hingga Penuh, Untuk Smartphone Baru
Mitos yang satu ini merupakan mitos yang paling banyak dipercayai pengguna ponsel hingga saat ini. Masih banyak orang berpikir bahwa hal pertama yang mereka harus lakukan dengan smartphone baru adalah wajib melakukan pengisian baterai hingga 100% sebelum digunakan pertama kalinya. Ini hanyalah sebuah mitos !
Karena pada dasarnya, biasanya sebelum sebuah smartphone dimasukkan kedalam box-nya pada saat masih di pabrik, kapasitas baterai telah berada pada 40% hingga 80%, dan sudah langsung siap untuk Anda gunakan.


0 komentar: