Thursday 17 September 2015

PONSEL YANG TERENDAM DI AIR BISA 'DISEMBUHKAN' DENGAN BERAS: MITOS ATAU FAKTA?

18:26 Posted by david desaili , , No comments






Selama ini Anda mungkin sudah sering mendengarkan saran bahwa penanganan pertama untuk perangkat elektronik yang secara tak sengaja terendam air adalah memendamnya dalam beras. Banyak pihak yang bersaksi bahwa trik tersebut memang betul-betul manjur, namun tahukah Anda bahwa ada beberapa bahan selain beras yang terbukti mampu memiliki kemampuan menyerap air lebih baik, dan kebanyakan bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko terdekat, atau bahkan sudah ada di rumah Anda sendiri?
Sebelum lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui sumber pertama yang menganjurkan trik ini. Anjuran untuk memendam perangkat dalam beras ini selama beberapa dekade telah digunakan untuk memastikan agar perangkat kamera dan film bisa tetap kering ketika dipakai di daerah tropis yang udaranya cenderung lembab. Ketika majalah Yankee Magazine menerbitkan artikel tentang pemeliharaan perangkat (termasuk kamera), trik ini kembali populer lantaran artikel menyebutkan bahwa beras merupakan pengganti yang sepadan untuk silica gel.
Artikel lain dari majalah Popular Photography juga lebih menganjurkan penggunaan silica gel, namun jika bahan tersebut tak bisa didapatkan, maka pengguna bisa menggantinya dengan teh, kertas coklat, ataupun beras. Namun artikel tersebut juga memberikan catatan bahwa kapasitas bahan pengganti ini untuk menyerap kelembaban sangat rendah, jadi pengguna butuh masing-masing bahan tersebut dalam jumlah besar jika ingin mendapatkan efek setara dengan silica gel yang berjumlah sedikit.
Tahun 2014 lalu website Gazelle menjalankan sebuah ujicoba tak resmi untuk menguji apakah trik ini masih relevan, dan mencatat bahwa beras merupakan bahan yang kapasitas penyerapannya paling rendah. Selain silica gel, beberapa bahan lain yang memiliki kemampuan penyerapan kelembaban lebih baik ketimbang beras adalah:
- kotoran kucing (tapi Anda tak mungkin memakainya bukan?)
- couscous
- oatmeal (baik yang klasik maupun yang instan)
Lalu mengapa trik memendam dalam beras ini bisa berhasil? Penjelasan yang paling memungkinkan adalah dengan memendam perangkat di dalam beras selama 24 jam, maka pengguna memberikan kesempatan agar perangkat bisa mengering secara alami; tentunya dengan catatan bahwa perangkat yang terendam masih sama sekali belum dinyalakan untuk menghindari korsleting. Setelah perangkat benar-benar didiamkan penuh selama 24 jam, maka butiran air yang menempel bisa benar-benar hilang, dan perangkat bisa kembali berfungsi seperti sedia kala. Mirip seperti cara kerja placebo effect bukan?

0 komentar: