Wednesday 16 September 2015

Batas Aman Suhu Terpanas untuk Notebook dan Smartphone Kamu

20:51 Posted by david desaili , , , No comments


Malam,Kali ini saya akan membgikan info yang berguna bagi menjaga umur device kita baik itu notebook atau smartphone.Yap malam ini saya akan memberikan batas aman suhu untuk Smartphone dan juga Notebook.

Batas aman suhu notebook


Berbeda dari desktop PC atau notebook yang memiliki bentuk lebih besar dan lubang sirkulasi udara yang jauh lebih memadai, smartphone tidak dirancang seperti itu. Hasilnya, batas toleransi temperatur yang bisa ditangani pun berbeda. Pada PC, suhu panas di atas 70 derajat Celcius masih bisa dimaklumi, meski tidak direkomendasikan. Begitu pun pada notebook, terutama notebook gaming.
Suhu yang dihasilkan bahkan bisa melebihi suhu desktop PC. Hal tersebut wajar karena semakin kecil bentuk sebuah perangkat komputasi, semakin sulit pula pertukaran udara yang bisa dilakukan. Jadi, bagi kamu pengguna notebook, jangan khawatir bila suhu notebook meningkat drastis. Setidaknya, kamu baru boleh panik bila suhu notebook melebihi angka 80 derajat Celcius, padahal hanya digunakan untuk browsing atau menonton saja. Jika sudah seperti itu, ada baiknya kamu mengecek dan membersihkan debu dari notebook.

Batas Aman Suhu Smartphone

Meski hampir mendekati kecanggihan hardware desktop PC atau notebook, bukan berarti smartphone bisa menangani temperatur yang sama seperti notebook. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bentuk ramping pada smartphone membuatnya tidak memiliki lubang sirkulasi udara. Hasilnya, perputaran suhu dari dan ke smartphone jadi tidak bisa dilakukan.
Pada smartphone, hampir tidak ada hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi temperatur selain menutup aplikasi berat yang sedang berjalan. Agar umur smartphone panjang, kamu juga wajib memerhatikan batasan aman temperatur yang bisa diterima sebuah smartphone. Berbeda dari notebook yang bisa menangani panas hingga 70 derajat Celcius, rata-rata smartphone dirancang untuk bisa beroperasi dengan suhu di bawah 60 derajat Celcius. Sementara rata-rata suhu Android saat kondisi biasa ada di kisaran 40 derajat Celcius.
Ketika suhu smartphone ada di atas 60 derajat Celcius, selain bisa memperpendek umur hardware, suhu di atas 60 derajat Celcius juga tak akan nyaman di tangan karena akan terasa sangat menyengat. Bagaimana cara mengecek suhu smartphone? Salah satu cara paling mudah adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama AIDA64. Aplikasi ini bisa didapat di Google Play secara gratis.

0 komentar: