Sunday 20 September 2015

APP MADE IN CHINA DISERANG MALLWARE DI APP STORE iOS

11:04 Posted by david desaili No comments
Anda boleh bilang bahwa iOS adalah salah satu sistem operasi teraman di jagad smartphone. Tapi sebuah penemuan terbaru menyebutkan bahwa OS buatan Apple itu pun juga masih bisa disusupi oleh tangan-tangan jahil. Sebuah malware dikabarkan telah menginfeksi aplikasi-aplikasi iOS melalui berbagai versi dari Xcode. Dengan serangan ini, sekitar 39 aplikasi telah diserang, beberapa diantaranya yang populer adalah aplikasi berbagi pesan yang sangat populer di Tiongkok, WeChat, serta Didi Chuxing, sebuah aplikasi yang mirik Uber di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Serangan virus-virus terdahulu pada iOS diletakkan oleh para developernya sendiri di dalam aplikasi yang kemudian ditaruh ke App Store untuk menciptakan kekacauan. Namun untuk malware ini disusupkan ke dalam aplikasi tanpa diketahui siapa pun, termasuk sang developer aplikasi. Malware ini disebut sebagai Xcode Ghost karena sifatnya yang misterius dan tidak diketahui oleh siapa pun.

Berdasarkan sebuah laporan dari Palo Alto Networks, XcodeGhost ini bisa digunakan oleh para hacker untuk melakukan phising dari jarak jauh, atau mengambil keuntungan dari sisi kelemahan aplikasi dan sistem lokal.
Beberapa aplikasi lain yang diduga telah terinfeksi oleh XcodeGhost, antara lain Railway 12306, sebuah aplikasi resmi di Tiongkok untuk jual-beli tiket kereta api, platform stock trading Tonghuashun, serta China Unicom Mobile. Tampaknya serangan ini sengaja diarahkan untuk Tiongkok saja. Semoga saja tidak ada hal-hal yang merugikan, yang bisa dialami oleh para pengguna iOS di Indonesia.

0 komentar: