Wednesday 5 August 2015

Pengguna iOS Lebih Royal Bayar Streaming Musik

21:51 Posted by david desaili No comments

Tergerusnya eksistensi album musik berbentuk fisik karena kemunculan berbagai layanan streaming dari banyak perusahaan teknologi merupakan fenomena menarik. Tersedianya layanan bebas biaya membuat album fisik semakin ditinggalkan.

Guvera, sebagai salah satu layanan musik streaming yang bisa diakses di perangkat desktop dan ponsel pintar iOS serta Android, menawarkan Guvera Play yang bebas biaya. Untuk mendapatkan layanan lebih lengkap, Guvera juga menyediakan Platinum yang berbayar.

"Tak bisa dipungkiri, konsumen tentu mencari sesuatu yang gratis. Dari riset, sekitar 95 persen pengguna tak mau melakukan pembayaran," tutur Head of Commercial Guvera Asia, Jennifer Tallariti di Jakarta.

Di Indonesia sendiri, Guvera menyatakan ada sebanyak lebih dari 915 ribu pengguna di Indonesia yang terdiri atas 84 persen pengguna Android serta 16 persen dari perangkat iOS. Tak mengejutkan, Jennifer mengklaim bahwa layanan Guvera Play menjadi yang paling banyak digunakan. Sementara berlangganan Guvera Platinum harus membayar Rp 59 ribu per bulan.

"Untuk layanan berbayar kami yakni Guvera Platinum, lebih banyak berasal dari perangkat iOS. Kenapa? Karena ada semacam karakteristik yang berbeda dari pengguna iOS dan Android," tambah Onny Robert selaku Head of Operation & Marketing Guvera Indonesia.

Menurut Onny, jenis perangkat mobile yang dipakai oleh para konsumen membentuk kebiasaan mereka.

"Di iOS, mereka terbiasa membayar konten, entah dari iTunes atau dari ragam aplikasi yang ada di App Store. Jadi bisa dibilang mereka rela-rela saja membayar musik streaming," sambungnya.

Walau dari perangkat iOS kini sudah bisa menikmati layanan streaming Apple Music, Guvera tak menjadikannya sebagai saingan. Justru, perusahaan asal Australia ini menganggapnya sebagai pendukung kesadaran masyarakat agar mulai mengkonsumsi layanan legal. 

Untuk aplikasi iOS, Guvera menggunakan pengaliran audio AAC 64kbps untuk memaksimalkan kualitas audio, sekaligus meningkatkan kinerja dan mengurangi konsumsi data. 

Sedangkan untuk Android, perusahaan menggunakan pengaliran 96kbps dengan kualitas yang sama dengan aplikasi iOS, namun dengan sedikit lebih banyak konsumsi data.


Source

0 komentar: