Tuesday 4 August 2015

Apple Beli Tanah Baru di San Jose Senilai Rp 1,8 Triliun

16:39 Posted by david desaili No comments


Apple Campus Infinite Loop
Selain gencar menyewa gedung-gedung baru buat fasilitas kantornya, Apple dikabarkan telah membeli tanah kavling di bagian utara San Jose berdekatan dengan gedung-gedung sewanya yang baru di kawasan yang sama.
Sebagaimana dilaporkan Sillicon Valley Business Journal (via iClarified), Apple menggelontorkan dana lebih dari $138 juta dollar atau Rp 1,8 triliun untuk tanah kavling seluas 174 ribu meter persegi tersebut. 
The deal for developer Lowe Enterprises’ so-called “n1 Campus” closed last week, according to public records. Apple paid just more than $138 million for the property at 2347 North First St., according to a deed that I examined in person today at the Santa Clara County Clerk-Recorder’s Office. That’s a big markup over the $39 million that Lowe and its joint-venture partner, Five Mile Capital Partners, paid back in 2010. (Click here for more.).
Apple - San Jose
Di kawasan yang sama, Apple pekan lalu dilaporkan menyewa gedung baru dengan luas mencapai 300.000 dan 1,5 juta kaki dari Ellis Partners di jalan Orchard Parkway dan Hunter/Storm’s Coleman Highline. Kedua gedung sewa baru itu berada tepat di sebelah tanah yang sudah Apple beli. 

Baca juga:

Luasnya tanah itu sendiri hampir sama seperti luas yang dimiliki Apple Campus 2. Kendati begitu, pihak pemilik asli, Lowe Enterprise berencana membangun gedung kampus modern seluas 1,8 juta kaki yang didesain oleh perusahaan arsitektur Gensler. 
Pembelian dan penyewaan tempat-tempat baru di San Jose dilakukan Apple bukan tanpa sebab. Mereka membutuhkan banyak lahan untuk pusat pengembang dan penelitiannya mengingat Apple Campus 2 belum juga rampung dibangun. Apple pun dispekulasikan akan membangun pusat pengembangan dan penelitian buat proyek mobil listriknya di kawasan itu. 

0 komentar: