Tuesday 4 August 2015

Apple Dikabarkan Berencana Menjadi Operator Telepon Bergerak

16:56 Posted by david desaili No comments

Setelah menghadirkan Apple SIM buat pengguna ipad tahun lalu, Apple dikabarkan berencana meluncurkan Mobile Virtual Network Operator (MVNO) buat pengguna di kawasan Amerika Serikat dan Eropa. MVNO adalah jaringan operator virtual yang menyewa spektrum frekuensi dari operator yang sudah ada. 
AppleMenurut sumber yang dekat dengannya seperti dilansir Business Insider, Apple secara diam-diam telah menguji-cobakan layanan MVNO ini di AS dan tengah mengadakan pembicaraan dengan penyedia jaringan telepon bergerak di benua Eropa terkait layanan barunya itu. 
Sources close to Apple say that the company is privately trialling an MVNO service in the US, but is also currently in talks with telecoms companies in Europe about bringing the service there too. 
Karena bersifat virtual itu tadi, Apple hanya menggunakan spektrum frekuensi milik operator yang diajak bekerjasama untuk menjalankan layanan telepon bergerak dan datanya. Jadi pengguna tidak membayar langsung ke operator untuk akses telepon, SMS, dan data internetnya tapi kepada Apple melalui Apple SIM yang disediakan tidak hanya buat pengguna iPad Air 2 dan iPad mini 3 baru tapi juga iPhone nantinya.
Instead of paying your carrier every month, you’ll pay Apple directly for data, calls, and texts. Apple then provides you with everything you used to get from your carrier, but the Apple SIM switches between carriers to get the best service. The telecom companies auction capacity to Apple so that it can run the service.

Sumber yang sama menyebutkan bahwa Apple sudah lama mengadakan pembicaraan dengan sejumlah operator terkait layanan MVNO. Namun begitu, mereka diklaim tak akan meluncurkannya dalam waktu dekat ini, melainkan dalam waktu 5 tahun mendatang.

Kehadiran layanan MVNO Apple ini juga ditandai dengan rencana mereka untuk meluncurkan layanan iCloud Voicemail yang akan secara otomatis menterjemahkan pesan voicemail melalui Siri. Belum lama ini mereka dilaporkan sudah menguji-cobakan layanan iCloud Voicemail. 
Begitu meluncur nanti, layanan MVNO akan langsung berhadapan dengan layanan milik Google, yaitu “Project Fi” yang hanya tersedia bagi pengguna smartphone Android Nexus 6. Nah kita tunggu saja perkembangan terbaru mengenai gebrakan baru dari Apple ini di masa mendatang.

0 komentar: