Monday 27 July 2015

Apple Tertarik Gunakan Basis Mobil BWM i3 buat Proyek Mobil Listrik

11:50 Posted by david desaili No comments




Apple dikabarkan tengah mengadakan pembicaraan kerjasama dengan salah satu pabrikan otomotif besar asal Jerman, BMW, dalam mengembangkan proyek ambisius mobil listriknya. 
Seperti dilaporkan majalah bisnis berbahasa Jerman Manager Magazin (via MacRumors), Apple tertarik untuk menggunakan basis bentuk mobil BMW i3 yang merupakan mobil listrik berjenis hatchback 5 pintu ringkas dan terbuat dari karbon fiber ringan.
BMW i3 yang diluncurkan pada 2014 lalu dapat melaju hingga radius 80 mil hingga 100 mil atau 130 km – 160 km sekali isi ulang listriknya. Mobil seharga Rp 400 jutaan ini diklaim memiliki spesifikasi dan ukuran yang cocok untuk diimplementasikan buat mobil listrik Apple. 
Sebenarnya, Apple dilaporkan sudah memulai pembicaraan kerjasama ini sejak musim gugur tahun lalu. Kala itu, CEO Apple Tim Cook didampingi sejumlah petingginya mengadakan kunjungan ke pabrik BMW di Leipzig, Jerman untuk melihat produksi mobil i3. 
Mobil listrik yang Apple sebut dengan nama proyek “Titan” ini sudah mulai berjalan sekitar satu tahun ini, tapi baru mulai mencuat awal tahun ini di mana Apple dikabarkan merekrut ratusan pegawai, beberapa di antaranya berasal dari pabrikan otomotif besar macam Tesla, GM, dan Ford. 
Rekrutan terbaru adalah seorang mantan petinggi mobil mewah Chrysler yakni Doug Betts untuk menangani proyek mbil listrik Apple. Bukan hanya pernah menjabat sebagai presiden di Chrysler, Doug Betts juga pernah menangani produksi mobil Toyota dan Nissan.
Masih dalam tahap pengembangan, mobil listrik belum akan meluncur dalam waktu dekat ini. Namun Rencananya mobil listrik Apple ini akan meluncur pada 2020 mendatang.

0 komentar: