Wednesday 2 December 2015

MENGENAL CYANOGEN MOD DAN APA KELEBIHANYA !

14:52 Posted by david desaili No comments

Sore Sahabat AOS ! Kamu suka Ngoprek Gadget Kamu ? Pasti kamu tau dong ama Custom ROM ? Ya Contohnya saja Cyanogen MOD, Custom ROM ini sudah sangat terkenal didunia, Dengan custom ROM kamu bisa ngoprek Ponsel kamu sepuasnya !

Dengan popularitasnya sekarang ini, CyanogenMod berhasil membawa kesuksesan bagi pengembangnya seperti Cyanogen Inc. bahkan saat ini dikabarkan sedang menjalin kerja sama dengan salah satu produsen smartphone untuk menjadikan CyanogenMod menjadi system operasi defaultdari perangkat tersebut. Salah satunya adalah ZUK yang pada awal Desember mendatang akan membawa seri Z1 ke pasar Indonesia melalui online store Blibli.com.

Apa itu Custom ROM?
Berawal saat Google yang merilis source code untuk Android via Android Open Source Project (AOSP) yang memungkinkan semua orang untuk mengunduh source code dari Android versi asli, untuk mengubah atau memodifikasinya sesuai keinginan.
Selanjutnya, banyak orang menambahkan fitur-fitur yang mereka inginkan yang bertujuan untuk memaksimalkan perangkatnya. Jika bicara tentang Cutom ROM, sudah pasti akan mengorbankan OS Android versi asli dari perangkat yang digunakan untuk digantikan OS Android versi modifikasi layaknya CyanogenMod.
Asal mula CyanogenMod
CyanogenMod itu awalnya adalah sebagai alternatif bagi OS Android versi asli yang ada pada HTC Dream dan HTC Magic yang mengawalinya dengan versi CyanogenMod 3.1 pada tahun 2009.
Dengan adanya sistem open source dari Android dan kemungkinan untuk melakukan root, semuanya bisa saja terjadi dan juga dengan dimulainya popularitas dari Custom ROM khususnya CyanogenMod.
Pasti semua pengguna yang memiliki hobi memodifikasi perangkatnya merasa seperti dimanja akan hal ini. CyanogenMod benar-benar diakui oleh masyarakat Custom ROM saat mereka merilis CyanogenMod 7 yang berdasarkan OS Android 2.3 Gingerbread.
Siklus dan gaya rilis dari CyanogenMod
Gaya CyanogenMod dalam memperkenalkan versinya hampir mirip dengan gaya Android, contohnya CyanogenMod A.B yang artinya “A” adalah nomor rilis utama, dan “B” adalah versi dari nomor rilis utama. Dari versi 9 sampai 10.2 ada beberapa fitur berbeda yang disajikan yaitu:
  • Nightly: dilengkapi fitur terbaru tapi sebenarnya versi ini masih belum stabil sepenuhnya.
  • Experimental: versi yang lebih stabil daripada nightly dan digunakan juga sebagai basis Custom ROM yang lainnya.
  • M Snapshot: lebih stabil dari dua versi sebelumnya tetapi masih dimungkinkan memiliki masalah kecil di dalamnya.
  • Release Candidate: sudah lebih stabil meskipun memang masih ada beberapa masalah kecil, tapi versi ini cocok digunakan sehari-hari.
  • Stable: versi yang terbaik, semua bug sudah hilang tetapi dalam proses pengembangannya memakan waktu yang cukup lama untuk akhirnya bias dirilis.
Setelah versi 10.2, CyanogenMod sudah mengubah siklus rilis setiap versinya dan lebih menyederhanakan prosesnya. Untuk kali ini hanya ada 2 pilihan saja, yaitu:
  • Development Channel: masih sama dengan versi nightly dan sangat tidak stabil.
  • Release Channel – M Snapshot versi ini masih cocok untuk digunakan sehari-hari meskipun masih ada beberapa masalah yang terjadi.

0 komentar: