Friday 6 November 2015

PENGGUNA TIZEN OS LEBIH BESAR DISBANDING BLACKBERRY OS

14:46 Posted by david desaili No comments

Kabar bahwa Blackberry sudah kehilangan banyak peminat, bukan kanar yang baru lagi. Namun kabar dari firma Strategy Analytics berikut ini tampaknya harus segera disikapi dengan serius oleh perusahaan asal Kanada tersebut. Jika sebelumnya mereka sudah mengikhlaskan posisi ke-3 dari platform mobile terpopuler di dunia direbut oleh Windows Phone, kini BlackBerry digusur dari posisi nyamannya di peringkat ke-4 oleh sebuah OS yang sama sekali tak diduga sebelumnya.

Strategy Analytics mencatat bahwa tingkat pemakaian Tizen OS telah melampaui BlackBerry OS di kuartal ke-3 tahun 2015, dan prestasi tersebut menjadikan Tizen sebagai platform mobile terpopuler ke-4 di dunia setelah Android, iOS, dan Windows Phone/Windows 10 mobile. Laporan tersebut juga mencatat bahwa tingkat adopsi iOS meningkat, sementara Android menurun. Hal ini tampaknya sejalan dengan pernyataan Tim Cook bahwa jumlah pelanggan iPhone yang berasal dari Android merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah mereka.
Kembali ke Tizen, popularitas tersebut tampaknya sesuai dengan klaim Samsung bahwa Tizen merupakan OS mobile terbesar ke-2 di India. Apalagi jika ditambah rencana Samsung untuk merilis produk berbasis Tizen mereka di 11 negara baru di Eropa pada akhir tahun ini, maka raihan mereka bakal lebih besar lagi sebelum berakhirnya tahun 2015.
Yang perlu menjadi catatan dalam prestasi ini adalah aktifnya Samsung dalam mendorong popularitas Tizen, dimana perusahaan asal Korea Selatan tersebut bahkan sampai rela memberikan jatah pendapatan 100% untuk tiap aplikasi Tizen yang dipakai pelanggan. Tak heran jika para developer kecil maupun besar segera memporting aplikasi buatan mereka ke platform baru ini bukan?

0 komentar: