Vserv, platform smart data untuk mobile marketing and commerce, mengeluarkan hasil laporan terkait Persona Pengguna Smartphone (Smartphone User Persona Report/SUPR) di Indonesia untuk tahun 2015.
Temuan ini didasarkan pada studi yang dilakukan oleh Nielsen Informate Mobile Insights ini menyasar pengguna smartphone di Indonesia ke persona pengguna yang berbeda dan menggali lebih jauh pola penggunaan mereka.
Dalam laporan ini tercakup wawasan yang kaya dalam penggunaan aplikasi setiap persona mengenai waktu yang dihabiskan untuk menggunakan berbagai aplikasi, pola konsumsi data, dan demografi mereka. Menurut laporan tersebut, basis pengguna smartphone Indonesia tumbuh pada CAGR 33% dari 2013 ke 2017. Pertumbuhan pesat di pasar smartphone Indonesia ini, terutama didorong oleh penduduk dengan usia di bawah30 tahun, sekitar 61 persen dari seluruh pengguna, menurut laporan ini.
Berikut inti dari laporan tersebut:
- Berdasarkan penelitian, penguna smartphone menghabiskan waktu rata-rata 129 menit per hari di perangkat mereka.
- Enam persona pengguna smartphone yang muncul adalah– penggila/rakus data, penggemar game, pengguna utama, iseng/awam, pembicara dan Bintang Sosial
- Satu dari setiap 5 pengguna smartphone di Indonesia mengonsumsi data sekitar249 MB/hari, yang dikategorikan sebagai penggila/rakus data
- 19% dari pengguna smartphone menghabiskan lebih dari 1,5 jam sehari untuk bermain game di perangkat mereka, yang dikategorikan sebagai penggemar game.
- 14% pengguna smartphone yang didominasi oleh perempuan menghabiskan hamper satu jam setiap hari di jejaring sosial, chatting & aplikasi VoIP, yang kemudian disegmentasikan sebagai Bintang Sosial.
Sagar Phadke, Diretur Eksekutif, Consumer Insight, Nielsen Indonesia menyatakan dengan proliferasi cepat dari pengguna mobile internet di Indonesia, pemasar memerlukan wawasan akan konsumen guna membantu mereka untuk membentuk sebuah strategi keterlibatan yang efektif.
“Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Vserv dalam penyusunan laporan market insight ini guna membantu para pemasar tetap selangkah lebih ke depan,” lanjutnya.
Sejurus dengan itu, Pranab Punj, Associate Vice President, Global Marketing, Vserv, mengatakan saat ini, penting bagi perusahaan untuk meningkatkan relevansi pesan mereka dan memperkaya pengalaman akan konsumen mereka. Mereka perlu merumuskan strategi yang terfokus pada persona pengguna dan tujuan perusahaan.
“Sebagai pemimpin dalam ruang smart data, Vserv secara konsisten memungkinkan pemasar untuk bergerak di luar data demografi dan merangkul mereka berdasarkan targetnya. Sebagai langkah tambahan terhadap komitmen tersebut, kami sangat senang untuk mengungkap laporan ini bersama dengan Nielsen Informate Mobile Insight. Data singkat dari perangkat ini akan memungkinkan pemasar untuk mengetahui, memahami dan target audiens mereka lebih sesuai dengan merumuskan strategi yang lebih tepat.” jelasnya.
SUPR dirancang berdasarkan pada pengumpulan data penggunaan otomatis dari lebih dari 1.600 pengguna smartphone di Indonesia, yang dilakukan selama tiga bulan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknologi smartphone metering inovatif yang dipasang oleh opt-in panelis pada perangkat smartphone mereka. Hasil berupa enam persona penggunaan smartphone ini muncul dari analisis pengelompokan dua langkah, dengan 27 parameter penggunaan smartphone yang sebenarnya sebagai variable masukan.
0 komentar:
Post a Comment