Sunday 25 October 2015

SMARTPHONE MU LEMOT ? NIH CARA NGATASINYA

17:04 Posted by david desaili , No comments

AOS -Lemot adalah ucapan paling menyebalkan bagi pengguna Gadget. Enter itu internet yang lemot apa devicenya yang lemot, Bener bukan ? Apalagi dalan masalah genting malah lemot, makin jengkel bukan ?

Nah kali ini saya akan membagikan tips yang akan mengatsi smartphone anada yang lemot !


Bersihkan home screen
Menggunakan Live Wallpaper memang keren, akan tetapi juga memakan kapasitas RAM anda untuk menjalankannya dan juga diperberat oleh aplikasi yang secara diam diam masih berjalan di background. Maka dari itu, menggunakan gambar yang statis adalah jawaban bagi anda yang ingin mempercepat android yang lemot.
Hal yang juga tak kalah pentingnya namun biasa di lupakan bagi sebagian pengguna smartphone adalah menghapus atau memindahkan ikon aplikasi yang sudah lama tidak ingin anda gunakan. Hal ini mungkin sepele, namun logikanya setiap anda membuka smartphone dan masuk kedalam menu maka dibutuhkan kinerja lebih oleh GPU untuk mengolah ikon ikon tersebut sehingga dapat memperberat kinerja ponsel pintar anda.
Lakukan Factory Reset
Jika beberapa cara mempercepat android diatas masih belum mampu melepaskan rasa jenuh anda dengan smartphone yang lemot maka anda bisa melakukan Factory Reset. Tapi ingat jika anda ingin melakukan hal ini pastikan anda melakukan back up karena factory reset akan mengembalikan isi smartphone anda seperti ketika anda memebelinya pertama kali termasuk update yang anda lakukan untuk semua sistem. Untuk melakukannya pergilah ke Settings > Back Up & Reset > Factory Data Reset.
Instal custom ROM
Cara mempercepat android yang lemot setelah melakukan rooting adalah menginstal custom ROM. Cara ini akan sangat berguna bagi anda yang memiliki smartphone yang sudah lama tidak mendapatkan pembaruan sistem atau OS. Dengan memasang custom ROM, android lama anda bisa diperbarui dengan android versi terbaru.
Root dan Overclock
Jika suatu saat anda mendapati bahwa smartphone teman anda lebih cepat dari yang anda miliki yang mempunyai merk dan spesifikasi yang sama, maka bisa dipastikan bahwa teman anda tersebut melakukan Root dan Overclock. Jika anda ingin melakukan rooting dan overclock, anda bisa menggunakan aplikasi seperti SetCPU atau Android Overclock. Lakukan dengan hati hati karena jika salah bisa saja anda harus mengganti smartphone sekarang dengan yang baru.
Pastikan aplikasi dan sistem anda selalu up to date
Melakukan pembaruan untuk setiap aplikasi dan sistem adalah hal yang harus anda lakukan agar smartphone anda kembali meningkatkan performanya. Logikanya, jika setiap ada pembaruan tentu ada perbaikan yang sebelumnya terlewatkan oleh para developer, baik itu berupa bug dan peningkatan beberapa fitur yang ada. Untuk melakukan pembaruan biasanya anda akan menemukan di area notifikasi layar, atau anda bisa memeriksanya di Settings > about device > software update, cara ini adalah untuk semua merk smartphone berbasis android. Atau anda uga bisa memeriksanya melalui Play Store, dengan cara membuka menu pada bagian kiri dan tekan My Apps.
Uninstal atau disable aplikasi yang tak terpakai
Selain ikon ikon dari aplikasi aplikasi yang tak terpakai lagi, aplikasi itu sendiri pun juga dapat memperlambat smartphone karena tak hanya membutuhkan ruang penyimpanan untuk menyimpan data datanya juga bisa saja mengkonsumsi RAM anda. Maka dari itu, jika anda sudah merasa puas dan tak berkeinginan lagi untuk menggunakan aplikasi aplikasi tersebut, sudah selayaknya anda menguninstal nya.

Smog tips ini membantu agan !

0 komentar: