Google indonesia kali ini merilis data-data terbarunya tenting perilaku orang Indonesia menggunakan internet. Dan kali ini data dikushuskan untuk Streaming video via Youtube.
Diungkap, jumlah penonton video di YouTube via smartphone melebihi jumlah penonton video YouTube via komputer sekitar 60 persen, yang artinya, penonton YouTube di Indonesia memang sering mengakses streaming video lewat smartphone ketimbang menonton lewat PC atau laptop.
Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia mengungkap alasan lainnya mengapa peningkatan penggunaan streaming video di smartphone terus melonjak tinggi. Ia menjelaskan bahwa smartphone merupakan sesuatu yang bersifat personal – barang pribadi – yang memang sering digunakan pemiliknya hampir seharian penuh.
Ia juga membeberkan data survei yang dilakukan Google Indonesia, yang mana diperkirakan sekitar 90 juta masyarakat Indonesia sudah online, dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang aktif terkoneksi internet dengan penetrasi 43 persen di smartphone dibandingkan di komputer yang hanya 15 persen.
Selain mengungkap temuan bahwa penonton YouTube Indonesia sering mengakses streaming video via smartphone, Veronica juga memperlihatkan statistik terbaru yang memberikan pandangan terkait momentum YouTube di Indonesia bagi para pengaksesnya.
“Dari kuartal tiga 2014 hingga kuartal tiga 2015, waktu menonton di YouTube secara keseluruhan meningkat 130 persen. Ini merupakan tingkat pertumbuhan tercepat di kawasan Asia-Pasifik,” tutur Veronica pada gelaran YouTube Content & Creativity di Jakarta, Selasa (20/10/2015).
Disebutkan lebih lanjut, di kuartal ketiga tahun ini, lebih dari setengah (60 persen) pengakses YouTube di Indonesia memilih menggunakan smartphone, yang mana memang menujukkan peningkatan yang begitu masif.
“Jumlah penonton YouTube sangat meningkat dengan cepat. Peningkatan ini dibantu oleh semakin banyaknya penggunaan smartphone di Indonesia. Bahkan, jumlah video yang diunggah oleh pengguna YouTube Indonesia meningkat sebanyak 600 persen pada tahun ini dibandingkan kuartal yang sama di 2014. Ini sebuah lonjakan yang fantastis, pertumbuhan ini tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia-Pasifik,” lanjut Veronica.
"Dengan terjadinya peningkatan penggunaan smartphone sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia, maka tidaklah mengejutkan jika lebih banyak orang yang menonton serta mengunggah konten dibandingkan dengan periode sebelumnya," tutupnya.
0 komentar:
Post a Comment