Sunday 4 October 2015

MARI BERKENALAN DENGAN BATTERY DOUBLE POWER !

15:52 Posted by david desaili No comments

Dalam dunia handphone, dikenal 3 jenis baterai. Adapun ketiga jenis baterai tersebut adalah baterai KW, Ori, dan Double Power. Baterry KW merupakan jenis baterai yang paling murah, daya tahan tentu dibawah baterai ori. Untuk baterai ori 100% setahu saya hanya tersedia di galleri vendor seperti Nokia Care (Nokia), SSC (Samsung), dll dan harganya tentu lebih tinggi (75-150rb). Jika kalian membeli handphone/smartphone baru (segel), sudah pasti baterainya merupakan baterai ori 100%

Nah yang kali ini dibahas adalah baterry double power. Baterai doble power kini sudah banyak beredar dengan label "Double Power", "Super High Capacity", "Long Lasting", dll. Benarkah baterai double power benar2 daya tahannya 2x lebih baik?




Seperti kita ketahui, baterry double power menawarkan kapasitas yang lebih besar dari orinya. Misal : baterai originalnya berukuran 1200 mAh, maka dengan type yang sama, baterai double power ada yang berkapasitas 3000 mAh. Disini jelas terlihat, kapasitasnya 2.5x lipat namun jika dilihat dari fisik baterai, bentuk, ukuran, dan volumenya sama. Kebanyakan baterai double power memang tidak sesuai dengan kapasitas yang tertera di kemasannya. 

Sebenarnya besar mAh baterai dapat diukur secara akurat dengan alat Baterry Analyzer. 



Baterai double power dalam arti sebenar nya (kapasaitas 2x lebih besar dari ori) tidak ada, selama ukuran, berat nya, dan bahan nya (lithium ion) sama.  Baterai double power yang dijual dengan kapasitas yang melebih-lebihkan, bisa saya katakan bahwa kapasitas baterai itu PALSU, misalnya baterai original Samsung Galaxy Y : 1200 mAh sementara ada baterai double power misal merk "X" untuk Galaxy Y yang berkapasitas 3250 mAh. Jelas baterai "X" ini berbohong dalam hal kapasitasnya. Mengapa? Karena secara logika apabila ukuran dan beratnya sama dengan baterai Ori, tidak mungkin kapasitasnya bisa sampai 2X lebih besar.   Samsung dan brand lain kalau sudah bisa buat dengan kapasitas segitu tinggi mereka pasti buat, apabila Samsung, Nokia, dan brand terkenal lainnya mencantumkan kapasitas tidak sesuai, tentu dapat di tuntut dan bisa menjatuhkan nama baik mereka. Lalu kapasitas yang tercantum di label merek2 double power apa ada yang menjamin? apa ada setifikat seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) yang menjamin kapasitas di lebel? TIDAK ADA. Para importir cuma mencantumkan lebel dengan kapasitas besar dan embel-embel "Double Power" cuma untuk menarik minat pembeli saja.

Jadi baterai Double Power jelek ?

Baterai double power tidak jelek, rata-rata kapasitas  mendekati baterai original nya, sudah cukup bagus dengan harga terjangkau, cuma jangan berharap banyak dengan kapasitas yang tercantum di label nya saja.

------------

Baterai  bawaan langsung dari hp ketika beli hp baru segel 100% original dan kualitasnya bagus begitu juga baterai yang dijual di dealer resmi/service center resmi (misal, Nokia : Nokia Care, Samsung : Samsung Service Center, dll), tapi baterai original dari toko-toko belum tentu original 100% dan apabila harganya jauh lebih murah sudah dipastikan kualitasnya abal-abal. Sekedar info, harga baterai Nokia/Samsung Original harganya diatas 100ribu.

Apa baterai duble power aman dan tidak merusak handphone/?

Aman dipakai, karena baterai tersebut sudah ada IC Protection nya, jadi apabila terjadi koslet atau overcharge baterai akan aman tidak terbakar. Baterai double power itu sama seperti baterai bawaan hp, bahannya sama lithium ion, ada ic protection, dengan tegangan opersional nya 3,7 s/d 4,2 volt, cuma di label nya saja yang di "double" in mAh nya.
Jadi tidak merusak hp selama pemakian nya benar.

Apakah Baterai Double Power Mudah Rusak?

Isi baterai baterai double power berbahan lithium ion, dan umur baterai lithium ion adalah 500-1000x siklus penge-charge-an. Jadi umur nya baterai tergantung cara kita nge-charge, kalo kita sering2 nge-charge belum habis masih diatas 50% sudah di charge, sehari bisa 2-3x charge, kalo setahun ada 365 hari berarti tidak sampai setahun sudah turun kapasitas nya. Dan baterai berbahan lithium ion (termasuk yang original) tidak tahan panas, jika dipakai suhu hp dan baterai diatas 40°C terus menerus akan terjadi gas di dalam beterai, akhir nya jadi gembung. Baterai gembung sudah turun kapasitas nya dan dapat merusak tutup baterai, menekan LCD dan jika terus dibiarkan panasnya, bisa meledak Jadi berhenti lah, matikan aplikasi supaya suhu turun, jika masih panas juga, matikan hp dan lepaskan baterai, tunggu sampai suhu normal kembali baru pasang kembali.

Berapa lama ketahanan baterai double power?

Kapasitas baterai double power tidak beda jauh dengan baterai original, malah ada yang di bawahnya. jadi berapa lama ketahanan nya, sama seperti baterai original nya, bahkan ada yang kurang. Ketahanan bergantung dari kecerahan layar, aplikasi yang berjalan di belakang, makin banyak aplikasi yang berjalan makin cepat habis baterai nya, dan sinyal hp, semakin lemah sinyal diterima, hp jadi cepat panas, dan baterai juga cepat habis

Apa merk baterai yang recomended selain baterai ori?

Dari hasil saya browsing. test kapasitas baterai, dan pengalaman pengguna-pengguna lain yang sudah memakai baterai double power, saya berhasil mengumpulkan data-data merk-merk baterai yang bagus (kapasitas sesuai dengan yang di label) dan merk abal-abal (kapasitas tidak sesuai sebenarnya. Namun merk-merk tersebut sengaja tidak saya sebutkan disini, jika kalian ingin mengetahuinya silahkan kontak saya lewat BBM saja : BBM


Jadi apakah anda ingin menggunakan Battery Double Power ? Keputusan ada ditangan agan !


0 komentar: