Friday 25 September 2015

YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG RAM BESAR DI ANDROID

17:07 Posted by david desaili , No comments

Di tahun 2015 ini boleh dibilang awal dimulainya era smartphone dengan RAM berkapasitas besar. Dari yang semula 1/2GB, kini sudah mulai beralih menggunakan RAM 4GB. Dengan RAM besar ini diyakini akan memacu kinerja sebuah ponsel menjadi lebih cepat.
Namun, peningkatan kapasitas RAM harus diimbangi dengan kemampuan prosesor yang mendukung serta kapasitas baterai yang besar.
Apa sebenarnya manfaat RAM berkapasitas besar di smartphone? Menurut Lucky Sebastian, seperti dilansir KompasTekno, beberapa waktu lalu, manfaat RAM besar salah satunya bisa menjalankan aplikasi dengan lebih banyak walaupun dalam waktu yang bersamaan.
“Pengguna smartphone masa kini menjalankan banyak aplikasi yang memakan tempat pada RAM, misalnya saja aplikasi media sosial yang terus berjalan di latar belakang. Ini bisa membuat kinerja ponsel terhambat apabila kapasitas RAM sampai terpakai semua,” kata Lucky.

Lucky mengumpamakan RAM tak ubahnya seperti jalan raya untuk menjalankan mobil atau dalam hal ini aplikasi. Saat sebuah aplikasi dijalankan, data-data program akan diambil dari media penyimpanan atau internal storage, seperti mobil yang dikeluarkan dari garasi untuk dipakai di jalanan.
Nah, “saat jalanan ini penuh, maka mobil yang baru berjalan tak bisa masuk. Dan, mobil lain harus dipinggirkan dulu untuk sementara. Proses inilah yang menghambat kinerja dan menghasilkan lag,” kata Lucky memberi perumpamaan.

Saat ini, ponsel papan atas hingga ponsel pendatang baru sudah mulai mengusung RAM 4GB di ponsel baru mereka. Sebut saja Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge plus, Asus Zenfone 2, Xiaomi Mi Note Pro, Lenovo K80, OnePlus 2 dan yang lainnya.

0 komentar: