Tuesday 22 September 2015

RAM iPHONE 6S DIKET 2GB.

16:46 Posted by david desaili No comments



Apple memang tak pernah menyebut berapa kapasitas memori RAM dari tiap iPhone yang dirilis. Hal itu terjadi juga pada iPhone 6s yang baru saja diluncurkan. 

Ponsel baru, tentu para penggunanya berharap mendapatkan spesifikasi baru pula. Para pembuat aplikasi juga dibuat penasaran dan ingin mengetahui seberapa tangguh iPhone 6s.

Developer aplikasi iOS Hamza Sood coba menguak seperti apa spesikasi yang dibawa iPhone 6s, terutama dari soal besarnya RAM yang menjadi salah satu kunci penentu kecepatan. RAM juga menentukan aplikasi seperti apa yang bisa dibuat.


iPhone 6s memang belum dirilis, maka dari itu Sood menggunakan aplikasi khusus dan simulator iPhone 6s. Cara ini juga pernah ia lakukan untuk menebak memori iPhone 6 yang ternyata akurat, dikutip dari Arstechnica, Senin (14/9).

Dari percobaan tersebut tampaknya iPhone 6s memiliki memori RAM 2GB, naik dari iPhone 6 yang hanya memiliki 1GB. Tapi spesifikasi itu masih di bawah kebanyakan ponsel Android kelas atas yang sudah menggunakan RAM 3GB. Bahkan Samsung menyiapkan modul memori yang memungkinkan ponsel Android mencapai 6GB.

Lantas, apa itu membuat iPhone 6s kurang gegas dibanding ponsel Android kelas atas?

Belum tentu, karena iOS punya sistem manajemen memori RAM yang berbeda dengan Android. iOS biasanya akan 'membuang' aplikasi yang telah ditutup dari RAM, sementara kebanyakan aplikasi Android tetap berjalan. 

Hal itulah yang membuat Android lebih cocok dipakai untuk multitasking. Sementara, karena apliaksi di iOS berjalan bergantian, maka ponsel dengan sistem operasi itu hanya membutuhkan RAM yang lebih sedikit saat beroperasi.

iPhone 6s sudah bisa dipesan melalui jalur resmi penjualan Apple. Ponsel ini rencananya akan dirilis ke pasar pada 25 September 2015.

0 komentar: