Wednesday 16 September 2015

MAMPIR DI APPLE STORE, TIM COOK BERI PENJELASAN MENGENAI PERANGKAT IOS

16:36 Posted by david desaili No comments

Sosok Tim Cook mungkin sedikit mirip dengan Presiden RI, Joko Widodo, seorang pemimpin yang suka "blusukan." Ketika ia melakukan perjalanan dinas, Cook sering kali terlihat mampir di Apple Store di kota tujuannya tanpa memberitahukan kedatangannya terlebih dahulu. Dalam kunjungan terbarunya, CEO Apple ini menjawab beberapa pertanyaan tentang produk-produk Apple, seperti iPad Pro, fitur yang tidak pernah jenuh mendengarkan dan menjawab pertanyaan Siri, serta ketidaknyamanan para pengguna dalam mengoperasikan iOS.
Salah satu ketidaknyamanan tersebut adalah karena para user iOS harus berhadapan dengan aplikasi pre-installed yang telah diberikan oleh Apple sejak iPhone keluar dari pabrik dan tidak bisa dihilangkan begitu saja, walaupun tidak diinginkan. Salah satu cara terbaik adalah dengan menciptakan sebuah folder yang akan "mengasingkan" aplikasi-aplikasi ini, setidaknya sampai pengguna benar-benar memerlukan dan memakainya. Namun tampaknya Tim Cook menjanjikan sebuah perubahan untuk masalah ini.
Cook mengatakan bahwa beberapa stock apps harus ada di iPhone dan tidak boleh dihilangkan karena mereka terintegrasi dengan sistem operasi, tapi bukan tidak mungkin suatu saat aplikasi-aplikasi tersebut akan dihilangkan bila perangkat iOS tidak lagi tergantung kepada mereka. Ia menjelaskan bahwa beberapa aplikasi terhubung dengan hal lain dalam iPhone tersebut. Menghilangkannya hanya akan mendatangkan masalah lain pada iPhone. 
Cook juga menjelaskan mengenai kontroversi seputar Siri yang diklaim beberapa orang telah melanggar privasi dengan mengatakan bahwa fitur ini bisa dimatikan sesuai dengan keinginan pengguna. Sayangnya ia tidak menjelaskan bagaimana Apple akan menyelesaikan situasi ini. Sang CEO ini mengklaim bahwa informasi yang ada pada perangkat adalah milik pribadi pengguna, bukan Apple. Apple bahkan tidak memiliki akses untuk sekedar mengintipnya sehingga ia tidak merasa perlu menjelaskan soal privasi.
Selanjutnya ia juga membicarakan mengenai fitur 3D Touch yang akan memudahkan pengguna dalam navigasi sistem tanpa harus memasuki aplikasi. Cook juga mencoba membocorkan mengenai fitur Live Photos yang diklaimnya sebagai media yang belum pernah ada sebelumnya.
Yang terakhir, Cook mengakui bahwa iPad Pro diciptakan bukan untuk semua orang. Ia mengatakan bahwa perangkat tersebut sebetulnya bisa saja menggantikan PC. Namun bukan berarti semua penggemar PC harus beralih ke iPad Pro. Bahkan ia mengakui bahwa dirinya sendiri lebih suka menggunakan Mac. Jadi, iPad Pro tergantung selera Anda.

0 komentar: