Thursday 6 August 2015

Adopsi iOS 8 lebih cepat dibanding Lollipop

17:51 Posted by david desaili No comments

 Dua hari lalu Google merilis laporan terbaru distribusi sistem operasi Android Lollipop. Dirilis sejak bulan November tahun lalu, adopsi Android Lollipop berjalan lebih lambat jika dibandingkan dengan adopsi iOS 8.
Menurut laporan yang dirilis Google dua hari lalu, adopsi Android Lollipop hingga awal bulan ini masih mencapai 18,1%. Sebagai perbandingan, adopsi iOS 8 hingga awal bulan ini sudah mencapai 85%. Padahal Apple merilis iOS 8 hanya berselang satu bulan sebelum Google merilis sistem operasi terbarunya, Android Lollipop.
Berdasarkan data terbaru yang dirilis Apple, adopsi iOS 8 hingga akhir Juli lalu sudah mencapai 85%, sedangkan adopsi iOS 7 hanya 13% dan iOS versi sebelumnya tidak lebih dari 2%. Meski tidak secepat adopsi iOS 7, tapi adopsi iOS 8 terus mengalami sedikit peningkatan dari waktu ke waktu. Sebagai pebandingan, adopsi iOS 8 hingga akhir April lalu masih mencapai 81%.
Adopsi iOS 8 yang sekarang mencapai lebih dari 85% tentunya adalah sebuah pencapaian yang fantastis, mengingat pada awal perilisannya diwarnai berbagai masalah. Namun pada saat itu Apple segera meluncurkan update untuk mengatasi masalah, termasuk masalah konektivitas Bluetooth. Lambatnya adopsi iOS 8 di awal perilisan tampaknya juga terpengaruh ditemukannya beberapa unit iPhone 6 Plus yang mudah bengkok.
Di lain sisi, sistem operasi terbaru Google tidak menemui masalah berarti sejak awal perilisannya. Tampaknya terlalu banyak proses dan pengujian yang dilakukan Google menghambat distribusi Android. Skenario panjang tersebut mungkin memang diperlukan karena sistem operasi Android digunakan oleh berbagai macam manufaktur. Setiap manufaktur sendiri juga masih harus menguji terlebih dahulu versi terbaru Android sebelum merilisnya. Lain halnya dengan iOS, yang hanya terdiri dari tiga perangkat, yaitu iPod Touch, iPad dan iPhone.
Well, dalam beberapa bulan ke depan Apple tampaknya akan merilis iOS 9. Seperti sebelum-sebelumnya, sistem operasi terbaru Apple tersebut akan dirilis bareng iPhone generasi selanjutnya. Anda bisa memantau perkembangan berita iOS 9 dan iPhone generasi selanjutnya di Gopego.



0 komentar: