Tuesday 21 July 2015

Istilah-istilah iDevice part 4

21:46 Posted by david desaili No comments

Kali ini saya akan memposting dari lanjutan part 1-3 dan sekarang telah memasuki part 4 untuk istilah-istilah iDevice.


Anda sudah mulai paham dan mengerti fungsi dasar dari iDevice Anda. Saatnya beralih ke istilah-istilah lain yang sedikit “underground”.

Jailbreak
Jailbreak bisa berarti:
  1. Sebuah proses memodifikasi iOS untuk mendapatkan hak akses penuh terhadap file sistem iOS.
  2. Sebuah proses memodifikasi iOS untuk menghilangkan batasan-batasan yang diberikan Apple agar pengguna dapat dengan bebas menginstall aplikasi tidak resmi (pihak ketiga) ke dalam iDevice.

Unlock
Unlock adalah proses untuk membuat iPhone (dan iPad) dapat menerima SIM card dari operator manapun. Proses unlock sendiri dapat dilakukan dengan berbagai metode atau cara, berbasis software (memerlukan jailbreak) maupun hardware.

Tethered Jailbreak
Tipe jailbreak yang tidak bisa bekerja setelah iDevice direboot. Untuk membuat jailbreaknya kembali bekerja iDevice yang bersifat tethered jailbreak harus dihubungkan ke komputer terlebih dahulu.

Untethered Jailbreak
Untethered jailbreak adalah kebalikan dari tethered jailbreak. iDevice Anda bisa dihidupkan dengan normal tanpa harus menghubungkannya ke komputer terlebih dahulu.

Semi-tethered Jailbreak
Semi-tethered jailbreak adalah pengembangan dari tethered jailbreak. Ketika iDevice dalam kondisi “semi-tethered”, iDevice akan menyala dengan normal tanpa harus dihubungkan ke komputer, tetapi memiliki fitur terbatas. Misalnya, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi-aplikasi Cydia.

Recovery Mode
Recovery Mode adalah mode di mana sistem operasi (iOS) belum dimuat sama sekali dan hanya bisa diakses melalui iTunes. Mode ini digunakan untuk melakukan restore atau upgrade iOS.

DFU Mode
“Device Firmware Upgrade mode” atau yang disingkat dengan DFU Mode hampir sama dengan Recovery mode, pada kondisi DFU ini iDevice dapat direstore, update, maupun downgrade.

Pwned DFU Mode
Hampir sama dengan DFU mode biasa, hanya saja “pwnd” mode ini adalah bentuk khusus dari DFU mode di mana bootrom pada iDevice telah dieksploitasi sehingga iDevice dapat diinstall dengan custom firmware.

Hacktivation
Jika sebuah iPhone tidak dapat melewati proses aktivasi secara resmi, maka perlu dilakukan “hacktivation” untuk membuatnya dapat masuk ke Home screen dan mengakses fitur di dalamnya. Dengan kata lain, hacktivation adalah proses untuk melewati proses aktivasi dengan jalan jailbreak.

Custom firmware
Custom firmware atau custom IPSW adalah istilah yang digunakan untuk menyebut file IPSW yang telah dimodifikasi untuk keperluan tertentu. File IPSW original, yang berasal dari Apple dapat dimodifikasi oleh program khusus (bukan dari Apple) untuk digunakan pada proses restore, update, maupun downgrade.

Sekian postingan dari saya semoga dapat memperdalam wawasan agan tentang idevice.

0 komentar: