Tuesday 21 July 2015

Istilah-istilah iDevice part 3

21:44 Posted by david desaili No comments


Kali ini saya akan memposting istilah yang ada di iDevice part 3.


Tema kali ini adalah iTunes

Hal-hal yang berhubungan dengan iTunes, dan layanan-layanan dari Apple.

iTunes
Aplikasi untuk mengelola musik dan video dari Apple. iTunes juga berguna sebagai aplikasi desktop untuk mengakses iTunes Store, menginstall aplikasi iOS, serta melakukan backup/restore dan sinkronisasi dengan iDevice.

iTunes Store
Toko online milik Apple yang bisa diakses dari iDevice dan iTunes. iTunes Store menawarkan berbagai macam konten digital seperti aplikasi untuk iOS, film, ebook, acara TV, serta musik.

App Store
App Store adalah toko online milik Apple yang merupakan bagian dari iTunes Store. App Store menyediakan aplikasi gratis (free) dan berbayar (paid) untuk iDevice.

iTunes Gift Card
iTunes Gift Card adalah voucher yang dikeluarkan oleh Apple. iTunes Gift Card adalah alat pembayaran selain uang, yang memungkinkan Anda untuk membeli (redeem) aplikasi, ebook, musik, film dan lainnya. iTunes Gift Cardtersedia dalam beberapa nominal harga.

Apple ID
Apple ID atau akun iTunes adalah identitas atau akun pribadi yang digunakan untuk dapat mengakses layanan-layanan dari Apple seperti iTunes Store, App Store, iCloud, iMessage, FaceTime dan lainnya.

iCloud
Layanan berbasis cloud dari Apple untuk keperluan backup (cloud storage) dan sinkronisasi antar iDevice dan Mac yang tersedia untuk semua pengguna perangkat Apple yang memiliki Apple ID. Apple menyediakan ruang penyimpanan gratis pada iCloud sebesar 5GB untuk setiap pengguna.

Restore
Restore adalah proses menginstall iOS pada iDevice. Restore ke iOS versi terbaru atau menaikkan versi iOS disebut dengan update, sedangkan restore ke versi lama atau menurunkan versi disebut downgrade.

Update OTA
Update OTA (Over-the-Air) adalah proses update yang dilakukan langsung dari iDevice tanpa melalui iTunes. Proses update dengan cara ini lebih cepat dibandingkan melalui iTunes karena file yang didownload lebih kecil, dan hanya yang dibutuhkan saja. Update OTA baru diperkenalkan sejak iOS 5.

Aktivasi
Sebuah proses mengaktifkan sebuah iPhone baru atau yang baru saja direstore agar dapat digunakan. Proses aktivasi perlu dilakukan agar iPhone dapat mengenali SIM card yang terpasang.

Locked
Merupakan iPhone yang jaringannya terkunci pada jaringan operator seluler tertentu karena terikat kontrak. iPhone jenis ini hanya bisa digunakan dengan SIM card dari operator seluler asalnya.

Factory Unlocked (FU)
Istilah yang digunakan untuk iPhone yang tidak terikat kontrak terhadap sebuah operator seluler. iPhone jenis ini dijual bebas, bisa menggunakan SIM card dari operator mana saja, tanpa perlu berlangganan dengan pihak operator tertentu.

Sekian dari postingan ini semoga agan lebih dalam lagi tentang pengetahuan tentang iDevice.

0 komentar: