Friday 15 January 2016

YUK ! BERKENALAN DENGAN MULTITASKING !

08:44 Posted by david desaili , No comments

Multitasking, ada yang sering dengar istilah ini ? Pasti sering dong ! Apalagi kalau kalian anak I.T ! Tapi tau arti dari kata ini? Kebanyakan orang awam hanya tau kata ini ! Tapi tidak tau artinya ! Karena itulah Blog ini saya buat ! 

Multitasking adalah sebuah metode yang biasanya digunakan oleh gadget (PC, laptop, tablet smartphone dan lainnya) untuk menjalankan "tugas ganda". Bagaimana maksudnya? Misalnya pada sebuah komputer, kita melakukan sebuah "tugas" dengan membuka aplikasi "A", lalu di saat yang sama kita juga ingin menjalankan tugas lain yang harus dilakukan dengan aplikasi "B" namun kamu tidak ingin menutup aplikasi "A". Jadi istilah ini mengacu pada bagaimana sebuah gadget melakukan dua hal atau lebih secara bersamaan dan dalam satu waktu. Masih belum mengerti? Oke, kita mulai membuat sebuah perumpamaan.

"Kamu mau ngerjain tugas dengan aplikasi powerpoint, Dan kamu bosen akhirnya kamu bukak aplikasi Winamp buat mutar MP3 disaat yang bersamaan !" dan itulah yang disebut Multitasking !

Di Laptop atau di PC kita, kita dapat menjumpai istilah "real multitasking" apa itu ? Real Multitasking adalah : Kemampuan untuk menjalankan dua tugas atau lebih, tanpa harus meminimize salah satu Aplikasi !

Apa cuman di Laptop/HP aja yang bisa melakukan fitur multitasking ? Jawabanya Tidak ! Smartphone ataupun tablet juga bisa melakukan hal itu, Namun dengan satu hal, yakni Aplikasi yang lainya harus kita minimize ! ini tidak mengherankan ! Karena layar smartphone yang kini ada dipasaran ! tidak cukup besar untuk melakukan real minimize ! Namun Apple, telah memperkenalkan sebuah fitur yang diberinama "Split View"! fitur ini tersedia hanya untuk lini produk iPad ! Fitur ini memungkinkan anda menjalankan dua aplikasi sekaligus, tanpa harus meminimize aolikasi yang satunya !

Efek Multitasking buat Smartphone apa ?

Efek buruk fitur ini pada smartphone adalah :

Smartphone cepat panas.
Hal ini terjadi karena CPU, baterai dan berbagai komponen lain harus bekerja keras untuk dapat melakukan tugas ganda. Dan saat bekerja keras tersebut pastinya akan dihasilkan panas yang berlebihan, seperti saat kita berolahraga secara terus menerus, pasti tubuh kita akan terasa panas. Apalagi jika perangkat yang kamu gunakan untuk bermultitasking memiliki kapasitas RAM yang terbatas, maka proses multitasking akans sangat membebani prosesor (CPU) pada perangkat.

Battery Smartphone Cepat Habis.
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, multitasking adalah dimana kita melakukan dua tugas secara bersamaan. Melakukan satu tugas saja sudah bisa membuat baterai cepat terkuras, apalagi lebih? Hal itu karena CPU sebagai otak gadget yang memungkinkan smartphone kita untuk menjalankan dua tugas itu akan membutuhkan tenaga ekstra agar dapat menjalankan "tugas berat" itu dengan baik, dimana pemasok tenaga pada gadget termasuk smartphone adalah baterai. Itu artinya baterai juga harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk memasok energi untuk CPU, sehingga daya yang tersimpan pada baterai akan lebih cepat terkuras.

Smartphone jadi lemot.
Untuk perangkat ponsel pintar yang memiliki spesifikasi tinggi, mungkin menggunakan fitur ini tidak akan mengalami masalah yang berarti. Tapi bagaimana jika yang digunakan untuk ber-multitasking-ria adalah smartphone yang memiliki spesifikasi pas-pasan? Pastinya akan terlalu membebani CPU dan RAM sehingga performanya terasa berat. Sama saja seperti kita menyuruh anak TK untuk mengerjakan tugas anak SD.

RAM yang tidak cukup besar tidak akan mampu menampung (membuka) beberapa aplikasi sekaligus. Dan jika RAM sudah penuh oleh aplikasi yang berjalan, maka proses membaca data akan sepenuhnya dibebankan pada prosesor sehingga kinerja perangkat akan terasa lambat. Hal ini sudah mimin jelaskan pada posting fungsi dan manfaat RAM berkapasitas besar yang link nya sudah mimin berikan diatas.

Akhir kata ! 
Meskipun fitur ini memiliki berbagai efek negatif, namun bukan berarti kita tidak menggunakan fitur ini ! Kita gk mau kan fitur ini mubazir ! Jadi gunakanlah fitur ini, seperlunya saja ! jangan muluk-muluk !



0 komentar: