Friday 8 January 2016

PARA ILMUWAN KEMBANGKAN BATTERY CANGGIH, YANG BISA MENGISI DAYA DENGAN GERAKAN TUBUH !

21:04 Posted by david desaili No comments

Malam, Sahabat AOS ! Ada kabar gembira nih buat kamu ! Karena para ilmuwan MIT, sedang mengembangkan battery smartphone yang terinspirasi dari Jam Arloji KInetik !

Bagi yang belum tau Arloji Kinetik, Arloji Kinetik adalah Jam tangan Tanpa Battery ! Terus kok bisa nyala ? Arloji ini dapat bekerja jika pemiliknya menggunakanya terus, sambil berjalan setiap hari ! 

Para ilmuwan di MIT tampaknya terinspirasi oleh hal tersebut dalam proyek pengembangan baterai terbaru mereka, dimana baterai yang mereka kembangkan dilengkapi dengan sebuah sistem untuk mengkonversi energi kinetik dari pergerakan tubuh pengguna menjadi energi listrik yang kemudian bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai dari perangkat elektronik.
Cara kerjanya pun terbilang sederhana: pengguna cukup menggunakan 2 lembar tipis logam lithium yang berfungsi sebagai elektroda dan memisahkan keduanya dengan menggunakan sebuah polimer berongga yang telah dipenuhi dengan elektrolit cair. Rancangan ini sangat efisien dalam memindahkan ion lithium antara 2 lembar logam tadi, dan bisa disertakan pada berbagai sensor yang terpasang pada titik sambungan seperti lutut untuk menyerap energi kinetik yang muncul ketika pengguna berjalan atau bergerak-gerak.
Setelah terpasang, sensor di lutut Anda tadi akan terus menerus menerima kejutan listrik dalam jumlah kecil tiap kali Anda berjalan atau menekuk lutut, dan energi tadi nantinya bisa ditransfer pada perangkat yang terhubung. Para ilmuwan MIT mengatakan kalau teknologi ini bisa dipakai untuk perangkat wearable seperti jam tangan pintar, atau untuk alat-alat medis yang mendukung kinerja tubuh pengguna.
Seperti biasa, penemuan ini masih dalam tahap awal jadi masih butuh pengembangan yang lebih jauh untuk bisa dipakai di produk komersil. Untuk sementara teknologi ini cuma bisa menghadirkan efisiensi pengisian tenaga sebesar 15% saja, walaupun tak menutup kemungkinan kalau suatu saat bisa digenjot sampai 100%.

0 komentar: