Monday 21 December 2015

TIPS AMAN BER-WIFI GRATIS SECARA AMAN !

06:22 Posted by david desaili No comments

WiFi, Wifi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

WiFi,ditahun-tahun ini sudah tidak menjadi barang langka lagi ! WiFi sekarang sudah bisa anda temuĂ­ di Tempat Umum hingga Toilet. Baik itu WiFi berbayar ataupun WiFi gratiss. 

Tapi sekarang saya tidak membahas tentang kecepatan WiFi, melainkan saya akan membahas tentang Tips aman menggunakan WiFi gratis ! Siapa sih yang gak suka denger kata Gratis ? Namun dibalik kata yang indah itu, tersimpan kejahatan yang sesungguhnya ! 

One, langsung aja kits menjuĂ­ ke-Tipsnya supaya agan terhindar dari serangan penjahat Cyber.

  1. Jangan menggunakan jaringan WiFi tanpa password. WiFi tanpa password beresiko lebih berbahaya karena umumnya dimanfaatkan para penjahat siber untuk mengorak-arik data pribadi pengguna.
  2. Jika Anda menggunakan jaringan WiFi dengan password, nampaknya Anda juga perlu waspada. Pasalnya, para penjahat siber juga dapat dengan mudah melacak password dari jaringan WiFi di tempat tertentu. Setelah mendapatkan password tersebut, mereka akan menciptakan jaringan palsu baru dengan nama yang sama.
  3. Jika Anda tak lagi menggunakan WiFi, sebaiknya fitur tersebut dinonaktifkan saja. Selain menghemat konsumsi baterai, langkah ini juga dapat melindungi Anda dari pencurian data oleh para penjahat siber.
  4. Batasi kebutuhan. Ketika menggunakan WiFi gratis, sebaiknya Anda tak menggunakannya untuk membuka akun-akun yang bersifat penting dan privat, contohnya media sosial atau perbankan.
  5. Situs yang mengusung alamat https memungkinkan bahwa situsnya mampu mengenkripsi apapun yang Anda kirim dan terima. Situs tersebut meliputi Google, Facebook, Wikipedia dan lain sebagainya. Tak ada salahnya jika Anda mengaktifkan pengaturan ini untuk semua layanan yang Anda miliki.
  6. Bagi para pengguna Google Chrome, Firefox dan Opera, sebaiknya Anda mengunduh dan menginstal plugin khusus yang dapat memberikan layanan akses internet aman.
  7. Tak ada salahnya jika Anda menggunakan jaringan Virtual Private Network (VPN) untuk layanan smartphone Anda. Pasalnya, metode ini diklaim memiliki kemampuan yang cukup baik dalam memberikan perlindungan data. Hal tersebut karena VPN akan melakukan enkripsi terhadap semua data yang akan dikirimkan.
  8. Mengunduh aplikasi keamanan, contohnya Kaspersky Internet Security.
Sekian dari saya ! Semoga senin ini menyenangkan ! Ya pasti menyenagkanlah buat anak sekolah !

0 komentar: