Wednesday 4 November 2015

MULTITOUCH ! APASIH GUNANYA ?

21:12 Posted by david desaili No comments


Hai Sahabat AOS ! Pasti kalain sudan sering mendengar istilh MultiTouch ? Tapi kamu tau nggak finis MultiTouch buat Smartphone kamu ?

Multitouch adalah kemampuan layar untuk merespon lebih dari satu titik sentuhan jari secara bersamaan. Tapi, apa penting? Tentu sangat penting. Test berapa nilai multitouch kamu dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark. Atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi MultiTouch Tester.


HASIL TES AnTuTu Benchmark

MultiTouch itu bawaan SO atau Layar ?

Sebetulnya Multitouch itu di pengaruhi dua faktor yakni :


1.Sensor yang terdapat pada layar (Hardware)
Sensor pada layar sangat mempengaruhi jumlah sentuhan yg terdeteksi, ada yang bisa mendeteksi 2 titik sentuh, 4 titik sentuh, atau bahkan 10 titik sentuh secara bersamaan. Hampir semua smartphone Android Canggih sudah mendukung multi touch hingga 10 titik sentuh.

2.Faktor firmware sistem operasi (Software)
Faktor firmware jg berpengaruh terhadap jumlah sentuhan yg bisa di deteksi oleh layar. Misalnya OS Android Eclair tidak mendukung multi touch pada perangkat, tetapi ketika diupgrade ke versi Froyo maka perangkat tersebut jadi bisa mendeteksi 2 sentuhan.

Fungsi MultiTouch ?

Dengan teknologi yang terus berkembang, platfrom Android maupun yang lain terus berkembang. Banyak para pengembang aplikasi atau game yang semakin leluasa menuangkan idenya setelah teknologi multitouch menyambangi Android dan kana-kawan. Contoh sederhananya, dengan teknologi multitouch kamu bisa dengan mudah memperbesar atau memperkecil tampilan gambar dengan gerakan mencubit (pinch in dan pinch out). Tanpa kemampuan multitouch, kamu harus masuk ke menu lain dulu untuk memperbesar gambar, ribet bukan?


Jadi kamu masih pikar Multitouch itu gak penting ? Coba kamp pikir lagi deh setelah kamu baca Artikel diatas !

.

0 komentar: