Sunday 22 November 2015

GOOGLE GANDENG FACEBOOK UNTUK MEMPERKUAT HASIL PENELUSURAN PADA SMARTPHONE

11:10 Posted by david desaili No comments

Dua perusahaan besar yakni Google dan Facebook kabarnya telah menjalin hubungan yang bertujuan untuk memperkuat hasil penelusuran di smartphone. Kabar ini didapatkan dari induk Google, yakni Alphabet.



Berdasarkan yang dilansir oleh laman Wall Street Journal menyebutkan bahwa dalam pengumuman yang diberikan oleh Alphabet itu mengungkapkan apabila dua perusahaan dunia maya terbesar ini telah melakukan kerja sama untuk dapat memperkuat mesin pencari Google di perangkat mobile atau ponsel.


Dari kerja sama yang dijalin oleh keduanya ini, diharapkan hasil pencarian Google di perangkat mobile seperti smartphone dapat langsung menampilkan beberapa konten yang ada di aplikasi Facebook.

Contoh konten yang akan ditampilkan seperti informasi laman, profil dan event. Diharapkan nantinya, hasil pencarian tersebut akan muncul sebagai ‘deep links’, sehingga dapat langsung mengarahkan penggunanya untuk langsung masuk ke aplikasi Facebook.
Akan tetapi, tetap saja Google tidak dapat menampilkan konten Facebook yang membutuhkan akses untuk masik ke akun Facebook. Karena itulah, untuk para pengguna yang ingin mengakses informasi semacam itu, pnegguna tersebut harus memakai layanan pencarian Facebook.
Berdasarkan penilaian yang datang dari berbagai pihak, kerja sama yang dilakukan oleh kedua raksasa perusahaan ini, akan memberikan peluang untuk Google dapat mempertahankan posisinya sebagai perusahaan mesin pencarian terbesar di dunia maya. Terlebih saat ini pengguna smartphone yang sebagian besar mengakses internet melalui perangkat smartphone-nya.
Sementara itu, kerjasama ini juga memiliki keuntungan bagi Facebook. Dengan mengarahkan langsung hasil pencarian terkait Facebook ke aplikasi resmi, maka pengakses aplikasi Facebook dipastikan akan semakin bertambah. Namun, untuk sementara kemampuan ini baru tersedia secara eksklusif untuk perangkat Android.

0 komentar: