Saturday 17 October 2015

KELEBIHAN ARSITEKTUR 64 BIT PADA SMARTPHONE

13:55 Posted by david desaili , No comments

Arsitektur 64 bit Mungkin telah lama anda temui di PC atau Laptop.Namun pada tahun 2013 lalu salah satu teknologi asal Coupertino, CA yakni Apple membuat gebrakan baru di teknologi Smartphone yakni digunkanya Procesor yang mempunyai Arsitektur 64 Bit di iPhone 5S miliknya. Dan tidak lama semua pihak mengikuti Apple menggunakan Procesor berasitektur 64 Bit. Terus apasih kelebiahn arsitektur 64 Bit untuk Smartphone ! Nah kali ini saya akan membahas ha itu.

Kelebihan prosesor 64 bit
Seperti disebutkan di atas, prosesor berjenis 64 bit dapat mengolah informasi yang jauh lebih banyak. Dengan begitu, salah satu hal yang bakal mendapat keuntungan dari prosesor ini adalah sisi grafis seperti tampilan antar muka, game, multimedia, dan lainnya. kelebihan lainnya yang dimiliki oleh prosesor 64 bit ini adalah kemampuannya untuk membaca RAM lebih dari 4 GB karena prosesor 32 bit hanya mampu membaca maksimal hingga 4 GB saja. Walaupun sebenarnya RAM di atas 4 GB bukan merupakan prioritas utama untuk ponsel saat ini, namun bukan tidak mungkin 2 tahun ke depan akan bermunculan smartphone dengan RAM di atas 4 GB.

Kekurangan Prosesor 64 bit
Selain kelebihan yang disebutkan di atas, prosesor jenis ini juga memiliki kekurangan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan prosesor 32 bit. Prosesor ini menghadirkan ruang yang dua kali lebih luas ketimbang prosesor 32 bit sehingga otomatis akan membutuhkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar untuk RAM, cache, dan juga penyimpanan yang lain. Hal ini tentu saja menjadi masalah yang cukup besar mengingat memori pada ponsel biasanya terbatas dan tidak bisa ditambah sesuka hati seperti pada perangkat PC.
Selain itu, prosesor 64 bit juga baru benar-benar akan terasa kehebatannya apabila Anda menjalankan program atau aplikasi yang dibuat khusus untuk prosesor jenis ini. Dengan begitu maka hal ini akan memberikan pekerjaan tambahan bagi para pengembang. Selain itu, perlu diketahui juga jika dalam beberapa stuasi, aplikasi 32 bit ketika digunakan pada sistem 64 bit dapat memperlambat kinerja sistem tersebut secara keseluruhn. Pasalnya, aplikasi dengan format 32 bit harus dimuat terlebih dahulu ke library 64 bit sehingga akan memberikan pengaruh yang cukup besar untuk RAM dan juga memori internal.


0 komentar: