Thursday 17 September 2015

Mengapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah ? Ini Dia Jawabannya

20:43 Posted by david desaili No comments

Vendor smartphone asal Cina yaitu Xiaomi dikenal selalu menjual produk smartphonennya dengan harga yang murah, bahkan hampir sepertiga dari harga produk Apple. Sekarang Xiaomi telah menjadi vendor smartphone terkemuka di dunia.
Xiaomi meluncurkan smartphone andalannya pertama kali pada bulan Agustus 2011 yaitu Xiaomi Mi 1. Pada Xiaomi Mi 1 tersebut, konsumen diberikan sebuah smartphone dengan spesifikasi yang mengesankan dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar 1.999 yuan atau setara dengan Rp. 4 jutaan saja. Pada saat itu pasar smartphone dunia sedang diramaikan oleh smartphone-smartphone kelas High-End termasuk iPhone 4 yang dijual dengan harga sekitar 4.999 yuan atau setara dengan Rp. 10 jutaan.
Setelah Xiaomi sukses dengan penjualan Mi 1, Xiaomi kembali merilis smartphone terbaru untuk kelas mid-end dari seri Redmi salah satunya adalah Xiaomi Redmi 1s yang dijual dengan harga mulai dari 699 yuan atau setara dengan Rp. 1.5 jutaan saja, yang akhirnya membuat Xiaomi menjadi produsen smartphone yang menduduki posisi ketiga di Cina.
Smartphone Xiaomi seri Redmi tersebut memiliki spesifikasi yang sangat mengesankan dan menarik perhatian konsumen karena dijual dengan harga yang sangat murah dan hasilnya Xiaomi mampu mengambil beberapa keuntungan dari penjualan smartphone seri Redmi tersebut. Lalu mengapa smartphone Xiaomi bisa dijual dengan harga yang murah ? Ini dia jawabannya.

Potongan biaya
Tidak seperti vendor smartphone lainnya, Xiaomi tidak mengeluarkan uang untuk biaya iklan dan Xiaomi sangat tergantung pada penjualan smartphone-nya melalui situs e-commerce. Selain itu Xiaomi juga menjalankan website sendiri yaitu Tmall.com, yang merupakan salah satu situs ritel online terbesar di China. Situs ini tidak hanya menawarkan handset Xiaomi saja, tetapi juga menawarkan aksesoris Xiaomi seperti headphone, T-shirt hingga boneka maskot Xiaomi.
Dan untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang Xiaomi, Xiaomi tergantung pada situs jejaring sosial dan penggemar Mi sendiri untuk menyebarkan merk Xiaomi ke seluruh belahan dunia.

Kuantitas Terbatas
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Xiaomi selalu memproduksi smartphone dalam jumlah terbatas, sehingga membantu pengeluaran biaya.
Xiaomi memiliki cara untuk menarik pembeli tidak hanya melalui spesifikasi hardware tetapi juga melalui software. Pada sektor softwarenya, Xiaomi menawarkan banyak tema yang dapat dibeli untuk mengubah tampilan pada UI perangkat Xiaomi. Untuk melakukan pembelian tema, pembelian dapat dilakukan dengan menggunakan Mi Credit secara online.

Ekspansi internasional
Menurut salah satu perusahaan riset, banyak produsen smartphone lainnya yang mencoba untuk meniru model penjualan Xiaomi, termasuk Huawei, ZTE dan lainnya yang juga membangun produk sejenis Xiaomi yang dijual dengan harga murah dan menggunakan penjualan online untuk melakukan penjualan produknya.
Xiaomi tidak ingin penjualannya hanya sampai di pasar Cina saja. Maka dari itu saat ini Xiaomi sudah mulai melakukan ekspansi dengan negara-negara diluar Cina termasuk beberapa Negara di Asia Tenggara dan Negara lainnya diluar Asia seperti Brazil, Meksiko dan Rusia.

0 komentar: