Wednesday 16 September 2015

APPLE PAKSA DEVELOPER AGAR GAME APPLE TV HANYA BISA DIMAINKAN LEWAT REMOTE

20:07 Posted by david desaili No comments

Selain kedua iPhone baru, iPad Pro dan juga iPad mini generasi ke-4, Apple juga mengumumkan produk Apple TV generasi ke-4 pada acara peluncuran minggu lalu. Namun apa yang mereka perkenalkan secara mengejutkan bukanlah produk yang sebelumnya sempat diprediksi bakal merevolusi industri televisi, karena kini Apple cuma menambahkan sebuah remote dengan desain baru saja.
Namun Apple tampaknya memang telah menyiapkan agar remote tersebut memegang peranan penting dalam penggunaan Apple TV, karena informasi terbaru yang disampaikan oleh salah seorang developer iOS mengungkapkan bahwa remote tersebut nantinya bakal bisa dipakai untuk memainkan game; mirip seperti produk-produk smart TV dari para produsen asal Korea Selatan.
Hal tersebut tertera dalam panduan pemrograman aplikasi untuk tvOS, dimana Apple menyatakan bahwa aplikasi game yang diciptakan oleh para developer HARUS memiliki dukungan untuk remote Apple TV. Game tersebut hanya bisa dioperasikan lewat remote saja, dan tidak bisa dikendalikan lewat controller.
Pada awal pengumuman, Apple awalnya hanya memberikan ketentuan bahwa pengguna juga bisa memakai controller, namun hal tersebut tidak dianjurkan oleh Apple. Tak lama kemudian Apple mengubah ketentuannya dan mengharuskan penggunaan remote sebagai media interaksi pengguna dengan aplikasi game, tanpa memberikan penjelasan mengapa mereka meniadakan dukungan untuk controller Bluetooth seperti yang banyak dipakai di Android.

0 komentar: