Tuesday 21 July 2015

Istilah-istilah iDevice part 6 (Terahkir)

21:56 Posted by david desaili No comments


Potingan ini adalah lanjutan dari part 5 yang saya tulis beberapa menit lalu.berhubungan postingan ini dalah postingan terakhir maka saya harap agan semua membaca dengan seksama.


Istilah-istilah berikut perlu juga Anda ketahui, karena sebagian besar seringkali muncul dalam artikel-artikel yang berhubungan dengan iOS dan jailbreaking.


Cydia
Cydia adalah aplikasi iOS yang memungkinkan Anda untuk menginstall aplikasi-aplikasi pihak ketiga pada iDevice yang telah dijailbreak. Layaknya App Store, Cydia juga menyediakan aplikasi-aplikasi dan tweaks yang berbayar dan gratis, yang tidak ditemui di App Store.


Package
Package yang berarti paket, adalah bagian/potongan tertentu dari sebuah aplikasi yang bisa diinstall dan dihapus oleh sistem. Istilah package umum digunakan pada sistem operasi berbasis Linux. Cydia adalah contoh aplikasi yang berfungsi sebagai pengelola paket (package management). 


Repositori
Repositori atau disingkat repo adalah sebuah lokasi (server) yang menampung paket-paket yang dapat didownload dan diinstall melalui Cydia. Alamat repo adalah alamat web yang terkadang hanya bisa diakses melalui Cydia saja.


SHSH blobs
SHSH blobs atau SHSH adalah istilah untuk sepotong data yang bersifat unik yang merupakan bagian dari protokol tanda tangan digital dari (digital signature) Apple untuk iOS, untuk keperluan restore dan update. SHSH didesain untuk mengontrol versi iOS yang bisa diinstall pada sebuah iDevice.


APTicket
Merupakan versi atau tipe baru dari SHSH. APTicket digunakan mulai sejak iOS 5 dan dirancang oleh Apple untuk mengamankan proses restore dan update pada iDevice.


Respring
Respring berarti melakukan restart terhadap SpringBoard (restart SpringBoard). Melakukan respring akan membuat iDevice memuat ulang interface dari iOS tanpa harus melakukan reboot.


Safe mode
Safe mode adalah “mode aman” yang merupakan fitur dari MobileSubstrate yang dapat mencegah iOS mengalami crash secara permanen dengan cara menonaktifkan aplikasi atau tweak Cydia yang bermasalah tanpa harus melakukan restore. Safe mode bisa diakses dengan cara menekan tombol Volume atas pada iDevice pada saat proses booting berlangsung.


GEVEY SIM
GEVEY adalah alat bantu yang berbentuk seperti SIM cardtray yang berguna sebagai alat unlock untuk iPhone. GEVEY pada dasarnya adalah metode “SIM hack” yang biasanya bekerja dengan menipu MCC/MNC.


Exploit
Exploit (yang berasal dari kata keja eksploitasi) dalam istilah komputer berarti sebuah perangkat lunak, sepotong data, atau beberapa eksekusi perintah yang dapat mengambil keuntungan dari sebuah celah keamanan.


Dependensi
Artinya ketergantungan sebuah paket terhadap paket lainnya. Sebuah paket yang menjadi dependensi harus terinstall terlebih dahulu sebelum paket utama bisa diinstall.

Untuk postingan yang sebelumnya bisa agan lihat di bawah ini !

Part 1
Part 2
Part 3
Part 4
Part 5

Sekian postingan dari saya.Semoga postingan ini dapat memperdalam pengetahuan agan.

0 komentar: